5 Inovasi Bisnis Restoran Yang Harus Anda Lakukan

Catatan itu membuat pemerintah harus segera mencari terobosan agar struktur ekonomi menjadi lebih baik dengan menaikkan kelas usaha mikro informal yang mendominasi perekonomian di Indonesia setidaknya sejak tiga dekade belakangan. Menurut Teten, BUMN memegang peranan yang very important dalam rangka meningkatkan partisipasi UMKM terhadap rantai pasok industri nasional dan global. Pasalnya, banyak potensi produk-produk UMKM untuk dipasok ke BUMN maupun perusahaan besar lainnya. Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Dinkopum Magetan Yuni Fadlilatin mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan agar pelaku UMKM kuliner memiliki pengetahuan tentang berbagai macam olahan makanan dan minuman.

Umkm dengan inovasi makanan

Hingga saat ini pemerintah daerah dan sektor swasta saat ini terus berupaya untuk membantu pelaku UMKM untuk bisa bangkit setelah diterpa badai Covid-19 yang meluluhlantakkan mayoritas pelaku usaha. Alifa Hudaeri Ketua Kelompok 39 KKM UNSERA mengatakan para pelaku usaha melinjo mereka jadi lebih variatif. Kemudian pelaku usaha melinjo mulai memanfaatkan media sosial seperti Facebook, instagram, whatsaap dan medsos lainnya untuk memasarkan produk olahan melinjo ke pasar yang lebih luas. Apabila harga sewa tidak banyak terkoreksi, cara penyajian, cara pelayanan, proses bisnis, dan model bisnis harus segera diubah supaya tetap efisien. Inilah tantangan sekaligus peluang bisnis kuliner masa kini dengan hadirnya teknologi digital yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini. Gunakan aplikasi Harmony Accounting Software dalam mengelolah keuangan usaha makanan ringan Anda.

Kampanye 9.9 Super Shopping Day kali ini diinisiasi untuk memberikan semangat dan harapan bagi para pelaku usaha lokal yang terkena dampak selama pandemi. Di Indonesia sendiri, jumlah pesanan produk UMKM selama 9.9 meningkat hingga 6 kali lipat dibandingkan hari biasa. Setelah diterima menjadi peserta, Elsa mengambil three pelatihan yang terkait dengan kegiatan bisnis UKM dan dana insentif yang diterima digunakan untuk modal usaha. Saat ini, kegiatan Elsa berjualan on-line menjual minuman sari kacang hijau. Ia merasa pelatihan yang diikutinya sangat bermanfaat bagi usahanya dan omset penjualan pun dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sebuah mobil bekas yang ia beli direnovasi dan modifikasi agar bisa menjadi tempat berjualan, baik makanan maupun minuman. Dengan rasa optimis, semangat dan kerja keras ia berhasil merealisasikan inovasi yang ada dalam pikirannya itu. Ada juga tambahan modal senilai Rp 30 juta rupiah bagi para UMKM kuliner untuk mengembangkan bisnisnya. Sementara itu, bagi 10 UMKM terpilih juga akan berkesempatan mengikuti sesi pelatihan eksklusif dan kelas memasak dari Ultra Indonesia dan ACP Indonesia. Bahkan, selama acara Jody mengaku bisa ikut banyak belajar dari rekan-rekan sesama pengusaha yang menjadi narasumber. Ia pun berharap webinar bisnis kuliner tersebut dapat mencetak pengusaha kuliner lokal yang bisa menembus kancah internasional.

Karena memiliki lingkup kerja bisnis yang lebih kecil dibandingkan bisnis besar, usaha UKM biasanya memiliki kelemahan dalam manajemen karyawan dimana pemilik akan kesulitan dalam pembagian kerja yang proposional pada karyawan. Hal ini terjadi karena biasanya bisnis usaha ini memiliki karyawan yang terbatas sehingga mereka terkadang harus melakukan dua atau lebih pekerjaan sekaligus hingga terkadang bekerja melewati batasan jam kerja. Kekuatan lainnya dalam menjalankan bisnis UKM adalah, tidak adanya hirarki dan kontrol yang terlalu kaku seperti perusahaan besar kebanyakan dimana membuat para pekerjanya memiliki gerak yang lebih luas dan dapat menyumbangkan ide mereka. Bisnis dengan skala yang kecil dan memiliki kebebasan lebih dibandingkan bisnis besar membuat pekerjanya dapat secara leluasa menyalurkan ide-ide secara kreatif dan inovatif yang belum memiliki banyak pesaing. Tidak hanya itu, produk-produk dan ide-ide baru tersebut dapat dirancang, digarap dan diluncurkan dengan segera.

Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa memiliki bisnis trend dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier style yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupundropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini. Salah satu contoh bisnis kuliner camilan yang cukup sukses adalah bisnisTahu Jeletot Taisiyang dimiliki oleh Bapak Rudi dari Depok.

Melakukan analisis SWOT mirip dengan pertemuan mendengerkan pendapat, untuk mengetahui cara yang benar dan salah dalam menjalankan suatu hal. Disarankan untuk memminta setiap orang mencatat dan minta setiap orang diam-diam menghasilkan ide untuk memulai sesuatu. Hal ini untuk mencegah groupthink dan memastikan bahwa semua suara didengar. Jika Anda memulai atau menjalankan bisnis sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT.

“Saya sangat senang melihat ada kreativitas dan inovasi yang lahir dari putra-putri bangsa seperti ini. Untuk UMKM PagiCraf yang semula pengrajin aksesoris hanya mampu menjual dagangannya di kampungnya saja, kini dengan sedikit inovasi bahkan bisa memasarkan produknya hingga ke Malaysia,” ujar Menteri Johnny antusias. Berbeda dari space komersial pada umumnya, mitra UMKM tidak perlu membayar sewa di muka setiap tahun, sehingga membantu menjaga kelancaran arus kas .Pembayaran menggunakan sistem bagi hasil keuntungan. Sarana edukasi melalui kemudahan akses informasi keamanan pangan dan kosmetika serta keamanan dan manfaat Obat Tradisional, termasuk regulasi dan standar. Tidak terbatas pada pembeli lokal, namun sangat berpeluang untuk mendapatkan calon pembeli di luar negeri. Dengan demikian, Anda akan menemukan berbagai peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan untuk menambah penghasilan.

Teten mengakui, hal tersebut tak lepas dari produk-produk UMKM berbasis kreativitas dan inovasi teknologi semakin gencar dikembangkan di sejumlah negara, mulai dari China, Korea Selatan, hingga Jepang. Ia menyayangkan keterlibatan produk UMKM Indonesia dalam rantai pasok nilai international masih relatif rendah atau sekitar 6,3% berdasarkan knowledge dari WTO. Catatan itu masih jauh berada di bawah Malaysia yang sudah mencapai forty six,2%, Thailand 29,6%, Filipina 21,4%, serta Vietnam 20,1%. Untuk itu, Teten menyatakan pihaknya telah menggandeng Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian agar produk-produk UMKM bisa masuk dalam rantai pasok industri atau perusahaan besar. Ekosistem kemitraan antara UMKM dengan industri besar pun ia sebut telah terbangun dalam UU Nomor eleven Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.