Ekspor Ikan Yang Menjanjikan Di Masa Pandemi » Fishlog

Perlu diketahui juga, educating factory untuk program studi budidaya perikanan salah satunya adalah tambak. Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan hal itu guna menindaklanjuti kesepakatan bersama mengintensifkan kerja sama di bidang pembinaan UMKM yang berorientasi ekspor sehingga diharapkan bisa menopang perekonomian daerah. “Paket sembako ini dikirimkan khusus dari Malang menuju Jakarta, yang sebelumnya juragan 99 telah mendonasikan 2 milyar rupiah untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung.” Ungkap Gilang. “Paket sembako ini dikirimkan khusus dari Malang menuju Jakarta, yang sebelumnya juragan ninety nine telah mendonasikan 2 milyar rupiah untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung,” ungkap Gilang. “Paket sembako ini dikirimkan khusus dari Malang menuju Jakarta, yang sebelumnya juragan 99 telah mendonasikan 2 milyar rupiah untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung,” kata Gilang.

INDUSTRY.co.id,Jakarta – Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebut negara-negara Timur Tengah sebagai pasar potensial yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekspor produk perikanan Indonesia. Menurut Imam, nelayan sudah bisa meningkatkan produksi ikan, tetapi kesulitan akses pemasaran. Padahal, ikan yang dihasilkan merupakan produk tidak tahan lama yang harus segera diserap.

Ekspor ikan

Hasil penelitian secara serempak harga ekspor ikan tuna, nilai tukar dan jumlah produksi ikan tuna berpengaruh nyata terhadap quantity ekspor ikan tuna Indonesia. Secara parsial harga ekspor ikan tuna, nilai tukar dan jumlah produksi ikan tuna berpengaruh nyata terhadap quantity ekspor ikan tuna Indonesia. Artati menegaskan, peningkatan nilai ekspor dan surplus neraca perdagangan sektor kelautan dan perikanan ini menjadi momentum untuk pencapaian goal ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar USD6,05 miliar. Dia pun optimistis goal tersebut bisa tercapai mengingat permintaan seafood di pasar world yang kian meningkat. Pertumbuhan nilai ekspor tersebut disambut baik oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Hal itu dilakukan untuk mendorong potensi salah satu komoditas unggulan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia 572 yaitu ikan tuna. “Yang lebih membanggakan lagi, UPT BKIPM Bandung menduduki peringkat 2 ekspor ikan hias nasional,” kata Dedi. Komoditas ikan hias yang sangat diminati oleh pasar ekspor di antaranya tetra, rasbora dan udang hias.

Tak hanya komoditas konsumsi, Balai KIPM Medan I juga enam kali melakukan pengiriman ikan hias ke berbagai negara. Burlian menyebut negara tujuan ekspor ikan hias dari Sumatera Utara di antaranya Taiwan, Malaysia, Hong Kong, Amerika Serikat, Singapura dan Inggris. Permasalahan dalam penelitian ini apakah harga ekspor ikan tuna, jumlah produksi ikan tuna dalam negeri dan nilai tukar rupiah berpengaruh terhadap volume ekspor ikan tuna Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga ekspor ikan tuna, jumlah produksi ikan tuna dalam negeri, nilai tukar rupiah terhadap volume ekspor ikan tuna Indonesia.

Peningkatan nilai ekspor itu membantu pencapaian goal ekspor produk kelautan dan perikanan tahun 2021 sebesar USD6,05 miliar. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, dari nilai ekspor 5,2 miliar dollar AS, 4,84 miliar greenback AS merupakan ekspor ikan konsumsi. Perwakilan dari BSN dan P3DN Kementerian Perindustrian menyatakan siap mendukung terkait adanya sertifikasi SNI dan TKDN untuk reefer container ini.