Ekspor Produk Ikan Indonesia Melonjak Di Tengah Pandemi Corona

Diantaranya ke Balai Besar KIPM Jakarta I, Wilker KI Tanjung Balai Karimun, Balai KIPM Surabaya I, Stasiun KIPM Batam dan Balai KIPM Semarang. “Meski Jambi saat ini menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 4, kegiatan ekspor domestik perikanan di Jambi tidak terganggu karena pengirimannya mengikuti jadwal penerbangan di Bandara Sultan Thaha,” kata Paiman. Dimana udang belalang tersebut merupakan hasil tangkapan nelayan di wilayah perairan timur Jambi, yakni di Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Kabupaten Tanjungjabung Timur. Ikan napoleon hingga saat ini termasuk komoditas laut yang banyak dicari tengkulak ikan dari Hongkong dan negara Asean lainnya. Menurut information KKP, konsumsi ikan per kapita naik dari 37,3 kg/kapita/tahun pada 2014 menjadi 50,zero kg/kapita/tahun pada 2018. Namun, Ia menyayangkan peningkatan konsumsi ikan tidak dibarengi kualitas ikan yang dikonsumsi.

Dari data FAO pada tahun 2014 saja, produksi ikan kakap Indonesia bisa mencapai hingga 129,7 ribu ton untuk wilayah yang berdekatan dengan Samudera Pasifik. “Tahun ini ada peningkatan ekspor ke luar negeri dari hasil komoditas perikanan kita di Maluku Utara,” pungkasnya. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan ekspor komoditas kelautan dan perikanan nasional selama Januari-April 2021 menunjukkan meningkat four,15%.

Dari penelitan tersebut, didapatkan hasil bahwa BRBIH telah mampu mendeteksi jenis kelamin ikan arwana melalui metode molekuler. Dekan FPIK Unair, Moch Amin Alamsjah mengharapkan webinar ini dapat mendorong inovasi yang dapat meningkatkan potensi perekonomian nasional, sekaligus menimbulkan rasa cinta terhadap Indonesia. Darilaut – Ikan hias termasuk salah satu komoditi perikanan yang menjadi unggulan ekspor Indonesia di masa Pandemi Covid-19. Eksportir perlu memperoleh izin registrasi ekspor dari lembaga semacam itu, untuk mencantumkan asal-usul ikan yang akan diperdagangkan, jumlah, jenis, dan ukurannya. Namun, perdagangan internasional menerapkan tata kelola baru untuk menjaga sumber daya alam ini tetap lestari.

Kondisi ini membuat harga ikan konsumsi harian rumah tangga ini menjadi melambung hingga Rp40 ribu per kg. Namun memasuki akhir kuartal II 2021, harga ikan kembung berangsur kembali regular ke harga Rp 25 ribu per kg hingga Rp 30 ribu per kg. Peluang ini perlu dimanfaatkan Indonesia untuk meningkatkan ekspor ke berbagai negara. Sebab ada sejumlah produsen produk ikan yang saat ini menetapkan kebijakan lockdown dalam menangani penyebaran virus corona. Meski begitu, Edhy menyebut terjadi penurunan permintaan produk ikan untuk resort dan restoran. Menteri berharap agar Koperasi dan UKM menjadi bagian rantai pasok produk ekspor Indonesia.

Merujuk data International Trade Center , selama periode 2017 – 2019, permintaan rata-rata produk perikanan dari negara-negara Timur Tengah tumbuh sebesar four,3% per tahun. Raenhat menyampaikan ikan kembung adalah ikan primadona yang banyak dicari baik di dalam negeri maupun luar negeri. Raenhat menjelaskan, ikan kembung sempat langka di awal 2021 lantaran cuaca di Indonesia yang tidak menentu.

Ia mengatakan kalau produksi dari 100 ribu ton itu bisa diproduksi dan dilakukan oleh masyarakat maka ini akan betul-betul meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemiskinan harus nol di wilayah-wilayah ini. Selain itu, KKP juga mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan UPI memiliki prosedur yang tepat saat mengerjakan produk perikanan yang diekspor ke luar negeri. Dari sisi nilai ekspor, lonjakannya sebesar 16,68 persen di tengah kondisi pandemi,” tuturnya. Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bandung, Dedi Arief memaparkan komoditas ikan hias menunjukkan grafik yang menggembirakan dari tahun ke tahun. Arwana merah dan botia merupakan dua jenis ikan hias yang tak absen dari daftar ekspor Indonesia.

Kondisi ini membuat harga ikan konsumsi harian rumah tangga ini menjadi melambung hingga Rp40.000/kg. Namun memasuki akhir kuartal II/2021, harga ikan kembung berangsur kembali normal ke harga Rp25.000/kg-Rp30.000/kg. Ekspor komoditas langsung dari Bandara Sam Ratulangi, Manado ke Bandara Narita, Jepang terus berlanjut dengan quantity yang makin besar dan jenis yang semakin variatif.

Ekspor ikan

Beliau mengungkapkan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan akan terus mengupayakan peningkatan produksi dan ekspor produk perikanan Indonesia. Sebelumnya Menteri Trenggono menyatakan akan rutin melakukan pembinaan kepada pelaku usaha mulai dari hulu sampai hilir untuk memastikan produk yang dihasilkan terjamin mutu dan kualitasnya. Ini dilakukan agar ekspor produk perikanan Indonesia terus meningkat meskipun pandemi. Ekspor komoditas kelautan dan perikanan nasional selama Januari-April 2021 menunjukkan meningkat four,15% sebesar USD1,seventy five miliar.